Jumat, 06 Januari 2012

materi ROM

Pengertian ROM
ROM kependekan dari Read Only Memory, yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca. ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM, walaupun keduanya memiliki kesamaan yaitu dapat diakses secara acak (random).ROM berbeda dengan RAM.
Perbedaandiantarakeduanyaantaralain:

1. ROM tidak dapat diisi atau ditulisi data sewaktu-waktu seperti RAM.
2. Informasi/data/program yang tertulis pada ROM (isi ROM) bersifat permanen dan tidak mudah hilang dan tidak mudah berubah walaupun komputer ‘dimatikan’ atau dalam keadaan mati (off). Sedangkan pada RAM, semua isinya (baik berupa data, program atau informasi) akan hilang dengan sendirinya jika komputer ‘dimatikan’ (dalam keadaan off).

3. ROM dapat menyimpan data tanpa membutuhkan daya. Itulah sebabnya data dalam ROM tidak akan hilang walaupun komputer mati. Sedangkan RAM membutuhkan daya agar dapat menyimpan data, jika RAM tidak mendapatkan daya, dengan sendirinya tidak akan dapat menyimpan data. Hal inilah yang menyebabkan data yang terdapat dalam RAM secara otomatis akan hilang bila komputer mati (off).

Fungsi Rom
 
Fungsi ROM yaitu sebagai  tempat penyimpanan yang memuat intruksi atau data yang  sifatnya permanen  dan dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulis.

Jenis ROM :
  1. PROM (Programmable ROM), hanya dapat diprogram satu kali dan selanjutnya tidak dapat diubah.
 

  1. EPROM (Erasable Programmable ROM), dapat dihapus dengan sinar ultraviolet dan dapat diprogram kembali berulang-ulang.

 

  1. EEPROM (Electrically Erasable Programmable ROM), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.
 




0 komentar:

Poskan Komentar