Kamis, 29 Desember 2011

power supply


Macam-macam konektor power supply ATX

Power supply ATX merupakan Power supply generasi terakhir yang pernah ada. Power supply ATX ini mulai dikeluarkan pada saat komputer generasi pentium III. Power supply ATX ini mempunyai kelebihan tersendiri, yaitu adanya fitur shutdown, maksudnya Power supply ini akan mati ketika penggunakan menggunakan opsi shutdown pada komputer. Power supply ATX ini mempunyai banyak sekali konektor, yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri dan juga mempunyai besar tegangan yang berbeda-beda. Konektor apa saja yang disediakan oleh Power supply ATX ini ? Sobatpc.com akan sharing untuk anda
  1. Konektor 20/24 pin ATX Motherboard.

    Digunakan untuk mensuplly tegangan ke motherboard. Pada Motherboard versi lama digunakan Konektor ATX 20 pin, sedangkan Motherboard yang sekarang / terbaru sudah menggunakan konektor ATX yang 24 pin. Untuk konektor ATX 24 pin pada dasarnya merupakan konektor ATX 20 pin ditambah dengan konektor 4 pin, sehingga kedua konektor ini bisa digabungkan atau dilepas sesuai dengan motherboard yang kita pakai.
  2. ATX 4 pin connector

    Digunakan sebagai penyedia supply tegangan untuk Processor kelas Intel Pentium IV. Jadi pada Pentium 4 kebawah, konektor ini tidak perlu digunakan.
  3. 4 Pin Peripherial Power Connector / Molex Connector

    Digunakan sebagai supply tegangan untuk berbagai hardware seperti Hardisk IDE, CD ROM Drive dan Kipas Casing komputer.
  4. SATA Power ConnectorDigunakan untuk mensupply tegangan untuk komponen hardware yang menggunakan interface SATA seperti Hardisk SATA dan CD/DVD ROM SATA.
  5. Floppy Drive Connector / Berg Connector

    Konektor ini khusus digunakan untuk Floppy Drive atau pun external audio card. Karena penggunaan Floopy Drive sekarang sangat jarang, maka konektor ini jarang digunakan.
  6. 6 pin PCI-E connector

    Konektor ini digunakan untuk memberikan tegangan pada yang terdapat pada beberapa graphic Card yang menggunakan slot PCI Express.
Sedangkan nilai tegangan untuk masing-masing warna adalah sebagai berikut :
  1. Merah = +5 Volt
  2. Kuning = +12 Volt
  3. Orange = +3,3 Volt untuk RAM dan slot PCI
  4. Ungu = +5 Volt sebagai power standby untuk motherboard
  5. Putih = -5 Volt
  6. Biru = -12 Volt
  7. Hijau = berfungsi sebagai Power Switch ON
  8. Hitam = Ground

0 komentar:

Posting Komentar